Ayam Laga Aduan Kamu Kutuan, Begini Cara Mengobatinya

Sebagai botoh / penggemar Ayam Bangkok Aduan pastinya kamu sudah pernah mendengar yang namanya ayam kutuan, benar sekali bukan? ayam kutuan (gurem) merupakan

Sebagai botoh / penggemar Ayam Bangkok Aduan pastinya kamu sudah pernah mendengar yang namanya ayam kutuan, benar sekali bukan? ayam kutuan (gurem) merupakan salah satu kendala yang paling sering dialami oleh mereka yang berternak ayam aduan / petarung.

Ayam aduan yang mengalami kutuan (gurem) harus cepat dirawat jika tidak ingin sesuatu hal yang tidak di inginkan nantinya terjadi. seperti yang admin ketahui bahwa ayam aduan yang mengalami penyakit kutuan dapat membuat ayam aduan menjadi kurus walaupun dibilang dalam waktu jangka yang cukup lama.

Nah jika kamu memiliki masalah ayam aduan yang kutuan kamu jangan khawatir, atau kamu yang sedang mencari cara bagaimana cara mengobati ayam aduan yang kutuan? jika iya, kamu sudah tidak salah lagi berada disini. karena kali ini kami akan membahas tentang cara mengobati ayam aduan yang kutuan (gurem). silahkan simak ulasan yang kami berikan kali ini.

Cara Mengobati Penyakit Ayam Kutuan :

  • Tembakau :

1. Cara Pertama :

Tembakau terlebih dahulu direndam dengan air hangat. diamkan satu malam lalu airnya digunakan untuk menyemprot kandang beserta parang atau tempat untuk ayam bertelor, jangan lupa indukan ayam juga sekalian ikut disemprot biar kutu gurem nya pada kabur.

2. Cara Kedua :

Rendam tembakau dengan air hangat sebanyak 3 ons, lalu ambil tisu 6 lembar, isi setiap lembarnya dengan 1/2 ons tembakau tadi, sehingga didapati 6 buah gulangan/bungkus tisu. Tempatkan setiap bungkus tisu/gulungan disudut-sudut kandang.

  • Oli Bekas :

Oli bekas juga sering dipakai untuk membasmi kutu ayam/gurem. caranya olesi kandang dan indukan ayam dengan oli bekas, dijamin deh itu kutu yang ada pada ayam aduan milik kamu akan kabur / lari.

  • Kapur Ajaib :

Kapur ajaib banyak di jual di toko / warung. sahabat boleh aplikasikan dengan cara mengeruk / menggiling sampai jadi tepung / serbuk, lalu oleskan pada tubuh ayam dan disekitar parang / tempat ayam bertelur. tenang saja kapur barus tidak memiliki efek samping pada manusia dan ayam. jadi sangat aman kok untuk kamu lakukan!

  • Tanaman Bengle :

Kamu yang tahu tanaman bengle? Bengle merupakan sejenis tanaman jahe tetapi rimpangnya berwarna kuning. caranya ambil rimpang dan daun bengle lalu diparut, kemudian rendam dengan air hangat, biarkan satu malam, saring. nah air saringan ini siap disemprotkan pada indukan ayam dan kandang juga.

  • Daun Sirih Merah :

Ambil daun sirih sebanyak 1 ons, lalu dirajang rajang sampai halus, daun sirih siap diaplikasikan dengan cara tabur di dalam kandang, atau sahabat boleh juga menjadikan pestisida dengan cara merendam dalam air hangat diamkan satu hari. saring air rendaman daun sirih tadi, lalu siap disemprotkan kedalam kandang dan indukan ayam.

Nah itulah beberapa cara untuk mengobati ayam aduan yang mengalami penyakit kutuan (gurem) pada ayam aduan yang dapat kami sampaikan kepada kamu semua seluruh penggemar Ayam Laga Aduan di indonesia. semoga dengan adanya artikel yang kami berikan ini dapat untuk membantu dan menambah wawasan kamu semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *