Pembahasan Lengkap Ayam Raksasa Dari Jepang, Ayam Shamo

Ciri Fisik Ayam Shamo AsliPembahasan lengkap ayam raksasa dari Jepang, ayam shamo, Salah satu jenis ayam yang banyak diburu pemain ayam di Indonesia adalah ayam Shamo. Ayam shamo sebenarnya adalah ayam siam yang didatangkan ke Jepang. Nama shamo sendiri berasal dari bahasa jepang yaitu sham yang berarti siam atau Thailand. Jadi sebenarnya ayam shamo merupakan ayam siam yang memiliki ukuran badan yang sedikit berbeda karena ayam siam yang ada di Jepang beradaptasi dengan keadaan yang ada di Jepang. Awalnya orang Jepang sulit menerima ayam untuk masuk ke negaranya, tapi tetap banyak pelaut yang membawa ayam dari negara siam.

Ciri Fisik Ayam Shamo Asli

adu ayam s1288 – Sebenarnya tidak ada ciri fisik yang spesial dari ayam shamo tapi ukuran ayam shamo memang sangatlah besar sehingga tidak heran jika ayam yang satu ini memiliki julukan ‘raksasa’. Berat rata-rata ayam shamo asli dari Jepang bisa mencapai 7kg. Tapi ciri ayam shamo yang asli adalah :

  • Memiliki jengger yang belah tiga atau istilah di dunia perayaman Indonesia adalah jengger tigan.
  • Mata cerah, paruhnya besar dan kuat, ujung sayapnya agak sedikit keluar dari tubuh, sendi sayap mengarah ke atas, pahanya kuat dan ototnya terlihat jelas.
  • Bahu menonjol dengan sayap yang kuat pendek mengarah ke bawah.
  • Kulit merah pada bagian dada yang tak memiliki banyak bulu serta memiliki dada yang bidang.
  • Garis ekor horizontal, searah punggung, atau di antara garis punggung.
  • Warna bulu betisnya berwarna kuning / kuning dengan bercak hitam untuk ayam shamo dengan dominasi warna hitam. Di Eropa, betis willow – hijau terlihat, tetapi menurut informasi yang ada, warna ini tak diterima di “standar kesempurnaan” Jepang resmi.

Apakah Ayam Shamo Bisa di Adu?

adu ayam pw – Pertanyaan ini cukup logis karena ayam shamo adalah salah satu ayam jago yang memang identik dengan aduan. Berdasarkan pengalaman yang ada, ayam shamo bisa bertarung hanya saja siapa yang mau melagakan ayamnya dengan ayam yang memiliki ukuran badan dari ayam jago biasanya. Sedangakan ayam laga yang banyak dipelihara dan diadu di Indonesia hanya berukuran 3-3.5kg saja. Ayam shamo memiliki gaya bermain seperti ayam siam pada umunya hanya saja dia memiliki pukulan yang sedikit lambat dan juga pukulannya kurang tepat. Tapi sekali saja lawannya terkena pukulannya maka akan sangat telak. Ayam shamo biasanya memiliki daya tahan yang bagus sehingga cukup cocok untuk disilangkan untuk ayam aduan yang memiliki pukulan yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *