Perjudian Pada Sabung Ayam Tajen Di Bali ?

Perjudian di upacara sabung ayam tajen Bali, Bali adalah pulau yang tidak terlalu besar tapi sangat terkenal di Indonesia bahkan banyak pelancong yang sering berkunjung ke Bali. Bali memiliki banyak sekali parona alam yang indah dan juga ada banyak tradisi yang sangat unik di Bali. Tapi ada salah satu tradisi yang cukup banyak peminatnya dari dalam dan luar negeri yaitu sabung ayam pisau atau sabung ayam tajen. Sabung ayam tajen yang ada di Bali sudah sangat lama sekali terkenal di Indonesia. Walau sudah banyak yang mencekal dan mengkritik tetap saja warga Bali harus menjalankan tradisinya.

Tradisi Sabung Ayam Tajen Bali

Tradisi tajen adalah upacara keagamaan di Bali yang dikenal dengan tabuh rah, tapi ada juga yang menikmati sabung ayam tajen sebagai hiburan. Penikmat sabung ayam tajen di Bali bisa dari semua kalangan seperti orang dewasa, remaja, anak-anak bahkan tidak sedikit lansia yang menghadiri acara sabung ayam tajen. Tabuh rah maksudnya adalah meneteskan darah ke tanah untuk ritual Bhuta Yadnya sebagai simbol permohonan agar Bhuta atau pengaruh negatif tidak menganggu manusia dan juga tradisi ini dipercaya bisa menjauhkan marabahaya. Biasanya ayam yang akan di adu adalah ayam yang sudah dilatih dan juga di berikan ramuan khusus untuk ayam yang akan di adu.

Pertarungan ayam akan berlangsung tertib karena ada pengawas yang akan menjaga pertandingan sehingga tradisi berjalan dengan baik. Penonton sabung ayam pisau di Bali bukan hanya warga sekitar saja tapi para pelancong juga akan menonton sabung ayam tajen. Tradisi sabung ayam di Bali yang legal kadang membuat sebagian pemain ayam yang diluar Bali merasa iri karena memang di Indonesia tradisi sabung ayam sangat ilegal. Dengan adanya tradisi ini membuat Bali memiliki hak untuk menjalankan tradisinya sehingga sabung ayam pisau dilegalkan.

Perjudian Sabung Ayam Tajen

Tapi sebenarnya ada banyak sekali alasan mengapa sabung ayam tajen di Bali banyak dicekal dan di kritik orang. Salah satunya alasan yang sangat umum adalah adanya ada unsur perjudian yang membuat sebagian orang merasa resah. Walau perjudian dalam sabung ayam tidak terlalu mencolok tapi sudah banyak orang yang menyaksikan transaksi perjudian yang dilakukan di kerumunan penonton sabung ayam. Hal ini juga yang kadang bisa menganggu tradisi sabung ayam tajen. Tradisi tajen bisa dibilang tidak sesakral dulu karena tradisi ini sudah dimanfaatkan menjadi ajang perjudian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *